Cetak Buku Ajar Dosen Ukuran A5 (14,8 x 21 cm)

PERCETAKANMANGGU.COM - Buku ajar dosen merupakan buku yang berisi berbagai bahasan atau tema mata kuliah yang diajarkan oleh seorang dosen di perguruan tinggi. Pembahasan dalam buku ajar disesuaikan dengan jadwal pertemuan perkuliahan. Misalnya di pertemuan pertama, mahasiswa akan belajar tentang bab 1, pertemuan kedua belajar tentang bab 2, dan selanjutnya.

Buku ajar adalah istilah kekinian dari diktat kuliah. Dulu, sebelum masa perkuliahan, dosen akan membuat sebuah materi tentang apa saja yang akan diajarkan ketika kuliah, kemudian materi tersebut diprint dan digandakan dengan cara difotokopi sesuai jumlah mahasiswa yang mengikuti kelasnya. Diktat tersebut lantas dibagikan (baca: jual) ke mahasiswa.

Kini, setelah berkembangnya teknologi digital printing, diktat kuliah tidak lagi digandakan dengan fotokopi. Diktat, modul, bahan ajar, panduan praktikum sudah dicetak menggunakan mesin offset atau mesin digital printing. Percetakan Manggu adalah satu-satunya percetakan yang fokus memproduksi atau mencetak buku-buku bahan ajar untuk dosen yang ada di seluruh wilayah Indonesia.

Percetakan manggu telah mencetak ribuan bahkan jutaan eksemplar buku ajar dosen mulai dari Aceh hingga Papua. Buku ajar tersebut dipakai di setiap perkuliahan di perguruan tinggi. Percetakan Manggu mencetak berbagai buku ajar dengan bekerja sama dengan Penerbit Manggu.

SPESIFIKASI & PROSES CETAK BUKU AJAR

Buku ajar dosen, rata-rata menggunakan ukuran A5 atau 14,8 x 21 cm, ada juga ukuran lain seperti ukuran unesco (15,5 x 23 cm), B5 (18,2 x 25,7 cm), hingga ukuran A4 (21 x 29,7 cm). Percetakan manggu akan membantu pra cetak/desain dan setting buku yang diinginkan dosen. Bahkan desain covernya pun bisa dibuatkan. 


Kertas yang dipakai untuk isi buku, pada umumnya menggunakan kertas HVS atau bookpaper, untuk sampulnya menggunakan Artpaper 230gsm , bisa juga menggunakan Ivory 250 gsm. Buku ajar biasanya dicetak menggunakan mesin Toko, mesin Oliver 52, atau mesin GTO 52. Tergantung spesifikasi cetakannya, berwarna atau hitam putih. Jika hitam putih, cukup dicetak menggunakan mesin Toko. Jika hasil cetakannya ingin lebih bagus, bisa dicetak dengan Oliver 52 atau GTO 52.

Buku ajar yang dicetak di percetakan manggu kemudian akan disusun menggunakan mesin susun yang modern, meskipun bisa juga menggunakan tenaga manusia. Proses susun adalah proses menyusun halaman per halaman buku dari awal hingga halaman terakhir pada buku sehingga menjadi satu buku yang utuh. 


Setelah buku disusun, kemudian buku akan dijilid menggunakan mesin binding yang modern, dengan tingkat presisi dan kualitas lem yang tinggi. Lem yang digunakan adalah Hotmelt. Setelah dijilid, buku kemudian difinishing yaitu dipotong dan dibungkus dengan segel plastik menggunakan mesin wrapping.


PERCETAKAN MANGGU DI BANDUNG

Percetakan manggu memberikan jasa cetak buku dengan kualitas yang baik sekali. Harganya bersaing dan pelayanannya memuaskan. Percetakan manggu beralamat di jalan kavling damri II No. 9, Cipadung Kidul, Panyileukan, Kota Bandung. Untuk berkunjung ke percetakan manggu, Anda bisa mengikuti panduan google map ini : https://maps.app.goo.gl/Q6jYXXAy4BMzphp98.

Percetakan Manggu juga menerima cetak berbagai kebutuhan cetak dunia usaha maupun instansi pendidikan dan pemerintahan seperti:

Kop Surat

Amplop

Stop Map

Brosur

Stiker

Booklet

Buku Tahunan

Buku Wisuda

Buku Profil 

Buku Kenangan

Blocknote

Majalah

Buletin

Tas Goodybag

Buku Tabungan

Souvenir

dll

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.