Apa Itu Percetakan? - Percetakan Manggu

 

Suasana di Percetakan.

Percetakan? Apa itu percetakan? Susdah kah Anda mengetahui mengenai percetakan? Sering mendengar tetapi bingung mengenai arti dari percetakan. Bisa jadi Anda sendiri pernah bersinggungan dengan percetakan, seperti membuat kartu nama. Ya…, yang pasti kebanyakan orang, percetaakan merupakan tempat dimana di dalamnya banyak kertas yang berserakan, ada mesinyang sedang mencetak sesuatu, bahan dasarnya kertas dan lain sebagainya. Pengertian tentang percetakan memang tergantung dari presepsi daan pengalaman masing-masing individu. Bisa jadi mengartikan percetakan antara Anda dengan saya akan berbeda. Namun, tujuan dan maksudnya pasti akan saama.

Bila melihat pada pendapat yang memang sudah diakui dari Sebagian orang banyak, termasuk akademisi, maka ada arti percetakan yang bisa dipahami secara menyeluruh dan utuh. Sehingga pengertian tersebut menjadi sebuah rujukan bagi setiap orang yang ingin mengetahui mengenai apa arti percetakan itu sendiri.

Secara sederhana, Percetakan perupakan proses pemindahan tulisan dan atau gambar ke media kertas. Yang menjalankan proses pemindahan tersebutlah bisa disebut dengan percetakan. Namun, jika diartikan secara lengkap, maka percetakan adalah suatu keahlian khusus yang dimiliki oleh beberapa orang untuk membuat salinan dari sebuah tulisan atau gambar lewat media yang memiliki permukaan datar dengan menggunakan sebuah mesin cetak. Menurut Wikipedia, percetakan adalah sebuah proses industri untuk memproduksi secara massal tulisan dan gambar, terutama dengan tinta di atas kertas menggunakan sebuah mesin cetak. Percetakan merupakan sebuah bagian penting dalam penerbitan dan percetakan transaksi. Artinya, percetakan adalah sebagai suatu perusahaan yang bergerak di bidang industri cetak yang sifatnya melakukan pekerjaan untuk memindahkan tulisan dan atau gambar ke atas kertas dengan mesin cetak dan sekaligus memperbanyak tulisan dan atau gambar tersebut.

Memnidahkan dan memperbanyak gambar dan atau tulisan dengan menggunakan mesin cetak tentu ada komponen-komponen yang harus dipenuhi. Salah satunya adalah sebelum tulisan dan atau gambar yang akan dicetak tersebut naik ke mesin cetak, harus dilakukan desain terlebih dahulu. Setelah desain gambar dan tulisan yang akan dicetak dianggap final, selanjutnya adalah proses pemindahan desain tersebut ke plat cetak. Setelah itu baru masuk ke peroses cetak dengan menggunakan mesin cetak.

Dalam proses cetak yang berlasung tentu ada komponen lain selain plat yang digunakan pada mesin. Salah satunya adalah tinta. Tinta adalah sebagai bahan yang menempel atau yang ditempelkan oleh mesin cetak ke atas kertas. Tinta sebagai bahan yang akan mengejawantahkan tulisan dan atau gambar yang dimaksud ke atas kertas. Tinta akan ditempelkan sesuai dengan desain yang sudah final tersebut melalui media plat. Komponen lain yang digunakan dalam proses cetak adalah kertas. Ini merupakan media utama dalam proses cetak. Karena di atas kertas tersebut bisa dibuktikan dan dilihat dengan jelas hasil tulisan dan atau gambar yang sesuai dengan hasil desain.

Beragam jenis cetakan yang dihasilkan percetakan yang dapat digunakan dan sebagai bagian dari kebutuhan aktivitas manusia. Salah satunya adalah buku.

Baca juga: Cetak Buku

Buku yang dijadikan pegangan pada saat kita sekolah, dari mulai SD, SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi merupakan hasil dari percetakan. Artinya, percetakan memiliki salah satu fungsinya adalah menceka dan memperbanyak buku.


Contoh buku yang sudah beres proses cetak (sudah jadi) 

Selain buku pegangan di sekolah, banyak juga buku-buku keperluan lain yang banyak dijual di potokopi, seperti buku tulis, buku agenda, dan lain sebagainya. Itu semua merupakan hasil dari proses cetak di percetakan. Buku agenda yang banyak dijual di took buku atau di potokopi tentu memberikan hasil nyata atas pentingnya keberadaan percetakan. Bahkan, saat ini buku-buku agenda sudah banyak digunakan oleh sekolah sebagai buku yang disatukan dengan buku kenangan. Maka buku jenis tersebut disebut buku kenangan.

Baca Juga: Cetak Buku Kenangan Sekolah dan Pesantren

Buku kenangan berisi mengenai agenda dan juga para peserta didik yang lulus di tahun tersebut. Maka tidak heran jika buku kenangan tersebut dipakai dan diberikan kepada siswa pada saat kelulusan. Siswa yang diberipun adalah siswa yang lulus pada tahun tersebut.




Buku Kenangan Sekolah dan Pesantren.

Buku yasin yang mungkin sering Anda temukan pada saat tahlilan hari ke-40 di rumah yang meninggal merupakan salah satu produk buku yang dicetak di percetakan. Buku yasin banyak dicari oleh keluarga almarhum untuk mengenang almarhum pada acara tahlilan ke-40 harinya. Ragam jenis buku yasin yang bisa Anda pesan di percetakan. Jenis buku yasin umumnya dibedakan dari cover atau sampul buku yanis tersebut. Salah satu jenis buku yasin adalah buku yasin hard cover dan soft cover. Kedua jenis tersebut merupakan jenis yang umum digunakan dan dipesan oleh orang. Sedangkan mengenai model cover sangat banyak ragamnya.

Baca Juga: Cetak Buku Yasin di Bandung

Itu semua hanya berbicara mengenai percetakan yang mencetak buku. Padahal jenis cetakan yang dicetak di percetakan sangat banyak ragamnya. Bisa saya sebutkan salah satunya. Yaitu, undangan, baik undangan pernikahan maupun undangan khitanan. Kedua jenis undangan tersebut tentu diproduksi dan diperbanyak di percetakan.





Jenis dan ragam buku yasin.

Jika Anda sudah menikah dan pada saat pernikahannya melaksanakan pesta, tentu jauh sebelum acara pernikahan pasti Anda membuat undangan terlebih dahulu. Undangan pernikahan tersebut digunakan untuk mengundang kerabat, saudara, teman, tetangga dan orang-orang yang dianggap dan menurut Anda penting. Maka dengan undangan pernikahan tersebut Anda mengundang orang-orang tersebut untuk hadir di acara pernikahan Anda. Tidak heran jika banyak orang menjalankan bisnis cetak undangan. Karena pangsa pasarnya sangat begitu banyak. Kalua kita hitung, setiap tahunnya ada berapa pasangan yang melangsungkan pernikahan. Tentu memberikan peluang kepada orang yang ingin membuka percetakan undangan.

 

Baca Juga: Cetak Undangan Nikah

 

Kartu Nama merupakan salah satu produk yang dihasilkan percetakan. Dalam dunia kerja atau bisnis, kartu nama merupakan hal yang sangat penting untuk menunjukan eksistensi kita sebagai sebuah bagian dari perusahaan tersebut. Kartu nama juga sangat penting keberadaannya sebagai salah satu alat untuk memberikan nomor kontak dan alamat kepada relasi atau teman. Sehingga teman atau relasi yang diberi kartu nama kita dapat dengan mudah menghubungi kita di saat mereka memang perlu dan ingin mengajak kerja sama.


Contoh Undangan Nikah.

Banyak ragam atau jenis kartu nama yang dibuat di percetakan. Namun, ukuran dari kartu nama tersebut umumnya  berukuran 5,5 x 9 cm. Sedangkan sistem kartu nama yang umumnya digunakan adalah sistem box. Satu box berisi 100 kartu nama.


Baca Juga: Cetak Kartu Nama Fiol Emas


Kalau berbicara mengenai jenis produk percetakan tentu tidak akan bisa selesai hanya dengan satu artikel ini saja. Karena banyaknya, maka saya hanya sedikit memaparkan mengenai jenis produk percetakan. Pada intinya, percetakan merupakan tempat mencetak berbagai keperluan Anda. Sedangkan media yang digunakan umumnya adalah kertas. Nah…, mengenai jenis produk percetakan dan juga jenis kertas mungkin akan saya jelaskan pada artikel-artikel yang lainnya.


Contoh kartu nama.


 

Baca Juga: Jasa Perecetakan Buku Murah Berkualitas

 

Penelusuran yang terkait dengan Apa Itu Percetakan?

Percetakan Online Indonesia

Digital Printing

Percetakan Murah Terdekat

Percetakan Murah Berkualitas

Percetakan Jakarta

Percetakan Bandung

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.